Saturday, May 29, 2010

English Week 2010 by KPMB Part II

Halo! Selamat datang di Part II. Di Part ini khusus membahas English Week 2010 yang diadakan di Gedung Nasional. Happy reading :D


Day III: Wednesday, May 26th 2010

Lomba Speech di Gedung Nasional. SMANSA kirim 2 wakil: Agnes A. Elim & Debbie Intansari. Total peserta ada 19. Dan SMANSA berhasil menyabet 2 Juara!

Juara I: Agnes A. Elim, SMAN 1 Balikpapan
Juara II: --- SMAN 5 Balikpapan
Juara III: Debbie Intansari, SMAN 1 Balikpapan


Day IV: Friday, May 28th 2010

SEMIFINAL DAN FINAL! Saya, Wendy, dan Frank punya waktu dua hari untuk sparring dan brainstorming. Kita latihan giat dan coba lakukan yang terbaik. Kayaknya saya yang paling gugup, cerewet, dan rusuh. Frank santai banget, pasrah. Wendy demam jadi nggak bisa banyak tingkah. Saya dari malam sebelum acara, sampai bangun pagi bener-bener gugup. Tapi ketika sampai Gedung Nasional dan ketemu Frank, jadi rileks banget liat semangat dan denger kata-katanya.

2 partner saya sebelum bertanding :)

The venue...

Tim-tim di semifinal:
SMKN 2A, SMKN 2B, SMAN 2, dan SMAN 1B

Awalnya kita kira kita akan lawan SMKN 2B, ternyataaa kita lawan SMKN 2A dimana itu adalah tim terkuat di semifinal. Tambah gugup. Saya mulai berhenti berharap. Tergantung motion. Iya. Tergantung motion apa dan kita affirmative atau opposition. Tergantung nasib, tergantung Tuhan. Tergantung Tuhan. Kita bertiga berdoa, kebetulan hari semifinal bertepatan dengan Waisak. Itu berarti Wendy lagi ngerayain. Kita bertiga berdoa. Wendy mengatupkan telapak, dan berdoa sebagai seorang beragama Budha. Frank menyilangkan jari-jari dan mengepal, menunduk berdoa sebagai seorang beragama Kristen. Saya? membuka tangan, menengadah, dan berdoa sebagai Muslim.

Kita dipanggil. Maju ke depan. Mbak moderator nyamperin dan bilang, "Motionnya ini ya bla bla bla..." Kita langsung teriak seneng. Saya pengen sujud syukur. Frank lompat. Wendy yang lagi sakit senyum sambil bilang, "Berkah waisak..." :D

Motion apa sih? Smoking is a habit, trend, and style. Dan kita affirmative. Subhanallah Frank yang kita percayain untuk toss bener-bener gede deh luck-nya :D Kita jadi semangat lagi dan agak nganggur di case building. Kenapa? Karena case-nya udah siap banget, tinggal ngerapihin aja. Makanya kita seneng banget pas dapet motion ini.


Oke, kita main lawan SMKN 2A. Sementara di sebelah kita SMKN 2B lawan SMAN 2.

Frank-Annisa-Wendy (case building)

case building, itu Frank pasti gugup banget

First Speaker dari SMKN 2A

Semifinal


SMAN 2 vs SMKN 2B
Motion : Smoking is habit, trend, and style
Win : SMKN 2B
Best speaker: (i don't know ;p)

SMAN 1B vs SMKN 2A
Motion :
Smoking is habit, trend, and style Win : SMAN 1B
Best speaker: Annisa


KITA MENANG! Ya ampun seneng banget. Terima kasih Tuhan kita masuk FINAL!!!

Semifinal mulai jam 09.00 WITA. Selesai sekitar jam 11.00 WITA. Cari Juara 3 mulai jam 14.00 WITA. FINAL jam 15.30 WITA. Dan sambil menunggu kita nonton Lomba Accoustic. Pesertanya SMAN 5 dan SMAN 4. Juaranya SMAN 5.

Accoustic SMAN 4


Nunggunya lama banget. Sekitar 5 jam. Frank udah gelisah mau ketemu pacar. Wendy demam jadi tidur doang. Saya yang panik. Cari matter. Kebelet buang air kecil dan nyari toilet terdekat secara toilet Gedung Nasional nggak banget. Akhirnya buang air di gedung PLN yang paling dekat. Pikiran mulang nguap, nggak siap debat. Badan saya kayak melayang, saya demam.

Saya & Wendy sakit, Frank yang baru balik dari BC malah baca komik -.-

Bu Hariyati, Kak Safira, Mbak Nanda. Membantu kita banget untuk bangun case dan kasi dukungan. Terima kasih banyak yaaa :D

Akhirnya pencarian juara 3 dimulai, SMAN 2 vs SMKN 2A dan dimenangkan oleh SMKN 2A sebagai Juara 3. Kita tambah gugup. Yakin kalau akan dapet motion yang susah: Great disaster will happen in 2012. Tapi kita bertiga berserah ke Tuhan. Wendy berharap berkah Waisak. Frank berharap luck-nya dia saat toss nggak hilang. Saya berharap saya bisa berikan yang terbaik.

Sampai di panggung, kita berdoa. Motion dibagi. Dan ternyata kita dapet motion kesukaan kita: Celebrities should not meddle in politic. Ya Allah aku pengen sujud syukur. Frank lompat-lompat. Wendy seneng banget. Kita mau affirmative. Tapi luck-nya Frank berkurang, kita opposition. Frank minta maaf tapi itu bukan salah dia. Kita berdoa lagi bertiga. Minta supaya Tuhan berikan yang terbaik dan kita bisa menang. Kita case building dan saya muntah. Saya muntah. Parah. Lawan mulai seneng saya sakit. Saya mulai nggak optimis, tapi tetep usaha.

Kita main. Pelan tapi pasti. Semua lewat. Kita lakukan yang terbaik, biar Tuhan yang pilih. Kita datang bukan untuk menang, tapi untuk berkompetisi, jadi biar Tuhan yang tentukan.

case building

saya & Wendy sakit, tapi tetep gila gara-gara Frank

Annisa-Frank-Wendy

tim SMKN 2B

the adjudicators

the audiences

Kita bertiga sakit. Adjudicators lagi diskusi, kita bertiga istirahat. Terus adjudicators mulai kasi komentar. Pelan tapi pasti. Semua komentar kebanyakan positif. Lalu pengumuman best speaker, dan saya jadi BEST SPEAKER! :D Lalu pengumuman pemenang: SMAN 1B!

Ya ampun kita bertiga seneng banget. Tapi karena sama-sama sakit ya duduk di tempat aja sambil ketawa, seneng, dan salam-salaman. Saya inget banget Frank yang duduk di tengah di samping saya langsung nyandar ke kursi dan ketawa lepas. Ya ampun, ini kebahagiaan kita semua. Saya lihat ke Bu Hariyati, Kak Safira, Mbak Nanda, Kak Eka, Debbie, Zaira. Semua seneng! Semua seneng SMANSA menang! :D


Detik-detik setelah kemenangan:

salam-salaman dengan lawan kita :p

salam-salaman dengan adjudicators

salam-salaman dengan guru dan senior

"KITA JUARA I!"

"KITA MENANG!"


Mbak Nanda-Saya-Kak Safira (berada diantara debater senior yang hebat)

Kita bertiga (saya, Wendy, dan Frank) bener-bener pengen ngucapin terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Tuhan kita yang begitu baik memberikan kepercayaan kemenangan Juara I ini. Untuk Bu Hariyati yang percaya pada kita untuk lomba ini dan ngelatih kita. Untuk Kak Elza, yang giat ngelatih kita. Kak Safira yang ngebantu kita banget. Mbak Nanda & Kak Eka yang dateng untuk support dan bantu kita dengan tulus. Untuk semua doa-doa orang tua, sahabat, pacar, teman, dan keluarga yang tak terhitung. Kita berterima kasih banget dan bersyukur. Kita bangga banget bisa nyumbang piala ke SMANSA akhirnya :p Semoga kita tidak akan mengecewakan siapapun dan bisa memberikan yang terbaik selalu. Amin ya Tuhan...

Wendy-Annisa-Frank (final)

Oh ya, setelah dua minggu latihan dan lomba bareng, saya jadi dekat sama adik kelas ini. Dan saya nggak-ngerti-kenapa-kok-bisa jadi care banget sama nih anak. This is the same case like what already happened with me & Benarivo. Kalau sampai sekarang aku anggap Beben adalah adik laki-lakiku. Sekarang Frank alias CePe aku anggep adek sendiri, my-so-called-brother. Jaga diri ya CePe. Belajar yang bener, supaya jadi debater hebat :D

Thank you for reading guys, love you :D

English Week 2010 by KPMB Part I

Halo!

Dua pekan terakhir ini saya hampir tidak pernah mengikuti pelajaran di sekolah? Kenapa? Karena satu pekan saya habiskan untuk latihan, satu pekan lagi untuk Lomba. Lomba apa? Debat.

Lomba Debat adalah bagian dari English Week 2010 yang diselenggarakan KPMB (Keluarga Pelajar Mahasiswa Balikpapan) Makassar. Ada tiga lomba: Debate, Speech, Accoustic. SMANSA mengirimkan dua tim debat, dan dua orang untuk speech. Part I ini akan menceritakan Day I & Day 2 yang diselenggarakan di Gedung ELC. Happy reading :)

Tim SMA Negeri 1 Balikpapan

SMAN 1A: Debbie (1st), Elza (2nd), Zaira (3rd)

(sorry no Elza)


SMAN 1B: Wendy (1st), Annisa (2nd), Frank (3rd)


Day I: Monday, May 24th 2010

Prelim I

SMAN 1A vs SMA Patra Dharma
Motion : Transexual Should be Legalized (affirmative)
Win : Yes
Best speaker: Elza

SMAN 1B vs SMAN 6
Motion : Free Charge of Education (affirmative)
Win: : Yes
Best speaker: Frank

Prelim II

SMAN 1A vs SMAN 2
Motion : Abortion Should be Legalized (affirmative)
Win : Yes
Best speaker: Elza

SMAN 1B vs SMAN 7A
Motion : Abortion Should be Legalized (affirmative)
Win : Yes
Best speaker: Annisa



Day II: Tuesday, May 25th 2010
(okay, something happened, and no Elza in SMAN1A team)

Prelim III

SMAN 1A vs SMAN 7A
Motion : -
(i don't know ;p)
Win : No
Best speaker: -
(i don't know ;p)

SMAN 1B vs SMAN 5B
Motion : Sex Education Can be Applied in 5th Grade Elementary School (affirmative)
Win : Yes
Best speaker: Annisa

Walaupun tanpa Elza, dan hanya maju dengan dua speaker di hari kedua, Alhamdulillah tim SMAN 1A masuk 8 besar :D


Quarter Final

SMAN 1A vs SMAN 2
Motion : This house would justify internet gambling
Win : No
Best speaker: Zaira

SMAN 1B vs SMAN 5B
Motion : Go green is successful prevent Global Warming (affirmative)
Win : Yes
Best speaker: Natali (SMAN 5)

Beberapa foto di hari kedua:

Frank-Annisa-Wendy (ruang Sydney)

Wendy-Frank-Annisa (beberapa menit sebelum case bulding Quarter Final)

Wendy-Annisa-Frank-Mas KPMB (beberapa menit sebelum case building Quarter Final)

SMAN 1A-SMAN 1B (case building Quarter Final)

Frank-Wendy-Annisa (case bulding Quarter Final)

Dan akhirnya, tim SMANSA yang berhasil masuk semifinal adalah tim SMAN 1B. Ketidakberhasilan SMAN 1A bukan kegagalan, karena kita sudah berusaha dan lakukan segala yang terbaik. Keep on good work guys! :D

Okay, see you in the next Part :D

Friday, May 21, 2010

Perayaan Hari Kartini


Sabtu lalu, 15 Mei 2010 sekolah saya mengadakan Perayaan Hari Kartini. Boleh juga dibilang Kartinian di bulan Mei (;p) karena memang jauh sekali dari 21 April. Tapi saya bangga dengan sekolah, yang walaupun banyak agenda seperti Adiwiyata, masih semangat ngadain Perayaan Hari Kartini. Alhamdulillah acaranya lancar. Banyak yang bilang garing tapi kayaknya bukan wilayah saya untuk menghakimi garing atau seru :) Kalau Kartinian tahun lalu saya sempat mati gaya pakai kebaya kakak ipar yang kegedean dan warnanya nggak eye-catching, tahun ini saya pakai kebaya Ibu yang Alhamdulillah sudah muat.

Semua wajib pakai traditional dress. Yang Putri wajib pakai kebaya atau baju nasional, boleh pilih. Dan yang Putra wajib pakai Batik dan celana, celananya harus bukan jeans :)

Teman-teman semuanya cantik pakai kebaya dan anggun. Pakai warna-warna yang beda dan model kebaya yang beda. Semuanya cantik dan mempesona. Yang putra banyak yang tersulap jadi luar biasa, beda banget dari hari-hari sekolah.

Ada empat lomba. Lomba Maskot, Loma Speech Bahasa Inggris, Lomba Make-Up dan Lomba Produk Lingkungan. Maskot kelas saya Sandy dan Rara. Debbie ikut Lomba Speech Bahasa Inggris, Isha & Alfin didapuk untuk ikut Lomba Make-Up dan kelas saya bikin mading dari hasil daur ulang sebagai Produk Lingkungan.

Oh ya, saya dan Ibu berhasil mendandani Barbie jadi pakai Kebaya untuk dipasang di Mading :)


Beberapa foto saya dan teman-teman. Lengkapnya disini :)

bersama teman-teman sekelas di depan kelas :)

bersama teman-teman satu les a.k.a Geng KusBang

teman-teman yang sudah dekat dari kelas sepuluh dulu :)

ceritanya, ini istri-istri Yoska ;p

bestie Deazy & Me

Hani & Me

Sate & Me

Saby & Me

Me & Gege

Sarini & Me

Me & Yoska

Fadhil & Me

Diadra & Me

Oh ya, saya juga tulis puisi yang dibacain maskot dari kelas saya saat unjuk bakat. Alhamdulillah tanggapannya positif. Semoga kemampuan menulis saya tidak pernah tumpul, Amin... Dan satu lagi, semoga semangat Kartini benar-benar ada di dalam hati dan menyatu dengan semangat kita :)